Digital Marketing

Apa itu Long Tail Keyword?

KamuKanIT – Apa itu Long Tail Keyword , Selaras dengan Taksonomi Bloom tentang piramida kemampuan berpikir manusia, keterampilan mencari, menelusur, dan menganalisis informasi lebih utama dibanding kemampuan mengingatnya.

Dalam dunia digital terkini, keterampilan penggunaan mesin pencari beserta kata kunci (keyword) sangat penting dalam penelusuran informasi. Salah satunya adalah penggunaan  Long Tail Keyword.

Daftar Isi

Kata kunci dan Search Engine Optimization (SEO)

Dikutip dari jurnal Mengenal Konsep Penetapan Kata Kunci, kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subyek, abstrak atau teks, serta catatan isi.

Kata atau frasa ini dipergunakan sebagai istilah penelusuran untuk mendapatkan susunan teks yang melingkupi kata kunci tersebut. Singkatnya kata kunci dipergunakan untuk mencari hal tertentu.

Sedangkan SEO secara singkat diartikan sebagai cara untuk mingkatkan rangking suatu situs web dalam mesin pencari serta meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas pengunjung web tersebut. Indikator yang cukup mendasar dalam SEO adalah kata kunci.

Secara umum, kata kunci (keyword) yang bervolume besar akan lebih dulu kita pilih. Sebab volume besar menggambarkan kuantitas audiens yang menelusuri informasi memakai kata kunci tersebut.

Namun persaingan keyword bervolume besar ini cukup tinggi. Situs-situs web yang berumur muda tentu kalah dari situs yang telah lama dan mempunyai traffic.

Strategi pemakaian kata kunci pun begeser. Pengunjung web dapat menggunakan beberapa kata kunci sekaligus berupa metode Latent Semantic Indexing ataupun Long Tail Keyword.

Apa itu Long Tail Keyword
Apa itu Long Tail Keyword

Kelebihan Long Tail Keyword

Berbeda dengan Latent Semantic Indexing (LSI) yang memakai frasa istilah atau kumpulan kata yang kita anggap relevan secara semantic oleh mesin pencari. 

Long Tail Keyword cenderung memakai kata kunci spesifik yang membidik volume persaingan kecil.

Baca Juga  Cara Jitu Page One Google

Pencarian bervolume kecil bukan berarti tiada yang menelusuri dan mencari. Justru Long Tail Keyword menungkinkan situs web memenangkan persaingan sekaligus menjawab pertanyaan spesifik pengunjung web.

Artinya, Jenis Keyword ini memiliki tingkat kompetisi rendah dan kualitas hasil pencarian tinggi.

Sebagai contoh, hasil pencarian “kucing lucu”. Memanfaatkan fasilitas Google Keyword Planner yang dapat kita akses pada 20 Januari 2022, volume hasil pencarian dengan kata kunci “kucing lucu” mencapai rata-rata 100 ribu- 1 Juta pencarian/bulan. Mari coba pakai kata kunci yang spesifik dengan “harga kucing persia himalaya”.

Kata kunci ini telah dapat tergolong dalam Long Tail Keyword. Dengan metode sama, hasilnya menunjukkan volumenya menurun drastis menjadi rerata 1-10 ribu pencarian/bulan.

Orang yang mencari informasi harga barang tentu motivasi untuk membelinya lebih tinggi daripada yang sekadar hanya mencari informasi.

Mencari inspirasi Long Tail Keyword

Untuk memaksimalkan SEO dengan menerapkan kata kunci ini dapat memakai cara berikut,

  • saran pencarian Google

Tentu bila memanfaatkan mesin pencari Google, akan semakin efektif dengan menerapkan Long Tail Keyword  sesuai sarannya bukan.

  • Hasil penelusuran terkait

Petunjuk lain yang dapat kita manfaatkan adalah hasil penelusuran orang lain yang terkait dengan penelusuran kita.

  • Referensi lokal

Idenya adalah dengan meningkatkan pemerolehan manfaat dari fitur lokasi dalam Google. Sehingga hasil penelusuran akan lebih spesifik dengan pemakaian kata kunci+kota tertentu.

  • Mesin generator kata kunci

Terdapat berbagai fasilitas generasi kata kunci, baik berbayar maupun gratis. Di antaranya adalah Google Keyword Planner dan Ubersuggest.

Cara menerapkan Long Tail Keyword dalam situs

Secara sederhana, caranya adalah terapkan Long Tail Keyword pada konten situs kita. Pola pikir yang harus kita gunakan adalah dengan melupakan adanya mesin pencari.

Baca Juga  Cara Mudah Ngeblog Sambil Dapet Cuan Dari Google

Misal dengan Google, maka lupakan Google. Pahami bahwa konten kita pada orang lain, bukan untuk Google. Dengan menempatkan posisi sebagai pengguna internet, maka kita buat konten dalam situs yang dapat menjawab semua pertanyaan pengguna internet tersebut.

Misalkan permintaan pencarian ”harga kucing persia himalaya”. Maka konten dengan informasi mengenai bahasan

  • Tabel harga kucing persia himalaya
  • Ciri fisik dan karakter jenis kucing persia himalaya
  • Tips memelihara kucing hersia himalaya
  • Manfaat memelihara kucing persia himalaya

Tentu tidak perlu menjadi ahli untuk menuliskan bahasan tersebut. Cukup cari referensi yang sesuai dan tulis ulang dalam konten dengan menggunakan Long Tail Keyword. Konten tulisan ini pun menggunakan metode yang sama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detector

Mohon untuk mematikan ad block anda. Terimakasih