Jaringan

Cara Blokir Situs di Mikrotik dengan Firewall Filter Rules

KamuKanIT – Cara Blokir Situs di Mikrotik, Untuk mengatur suatu jaringan salah satu hal yang diperlukan adalah melakukan blokir pada beberapa situ yang memerlukapn banyak bandwidth seperti youtube , facebook , instagram dan lain lain.

Pada artikel kali ini , penulis akan membahas bagaimana cara blokir situs di mikrotik . Dengan membaca artikel kali ini , diharapkan menambah pengetahuan pembaca.

Untuk melakukan blokir situs di mikrotik ada beberapa cara seperti menggunakan firewall untuk memblokir sebuah situs atau url , atau juga bisa dengan web proxy , atau layer 7 protocol , atau bisa juga dengan filter rules dan address list.

Dengan beberapa metode di atas , kita dapat melakukan blokir situs dengan http atau https via mikrotik. Pada tutorial kali ini , kita menggunakan aplikasi winbox untuk mengakses mikrotik.

Cara Blokir Situs Di Mikrotik dengan Firewall Filter Rules
Cara Blokir Situs Di Mikrotik dengan Firewall Filter Rules

Blokir situs sangat berguna untuk jaringan yang berada di perkantoran atau di tempat umum yang memang jaringan nya di batasi dan hanya di gunakan untuk kepentingan tertentu . Dengan metode di atas pula . kita bisa blog situs situs yang kurang fungsional untuk bekerja seperti sosial media , eccommerce dan lain lain.

Dan untuk alat yang digunakan , bisa menggunakan mikrotik tipe atau seri apapun. Berikut beberapa cara blokir situs di mikrotik

Firewall Filter Rules

Untuk Blokir Situs dengan mikrotik , kita bisa menggunakan fitur fiter rules , dimana pada fitur ini terdapat tiga pilihan chain yaitu input , forward dan juga output. Pada tiap tiap chain mempunyai pengaturan yang berbeda ,

  • Chain Forward , pada fitur ini pengaturan trafic akan melewati router , traffic ini berasal dari komputer menuju ke internet atau bisa jadi sebaliknya. Forward chain merupakan pengaturan awal pada Firewall Filter Rules.
  • Chain Input , merupakan pengaturan trafic yang berasal dari komputer kedalam router bisa jadi sebaliknya .
  • Chain Output , merupakan pengaturan trafic yang berasal dari router ke internet atau bisa jadi sebaliknya.
Baca Juga  Pengenalan Mikrotik Beserta Jenis dan Fungsinya Secara Lengkap

Berikut cara blokir situs di mikrotik dengan menggunakab metode Firewall,

Pertama kita harus tau ip address dari situs yang akan di blokir , kita bisa menggunakan nslookup pada cmd . Pada contoh kali ini , kita akan memblokir situs mikrotik.co.id dengan ip address 202.65.113.16.

Selanjutnya, silahkan masuk ke dalam menu IP – Firewall – Tab Filter Rules – Klik Add ( + ) – Chain Forward – Dst. Address kita isi 202.65.113.16 – In. Interface isi dengan ether2.

Cara Blokir Situs Di Mikrotik dengan Firewall Filter Rules 1
Cara Blokir Situs Di Mikrotik dengan Firewall Filter Rules 1
  • Dst.Address merupakan ip address yang akan di blokir , pada percobaan kali ini , kita menggunakan ip address 202.65.113.16 yang merupakan ip dari situs mikrotik.co.id
  • In.Interface merupakan pilihan dari interface mana situs akan di blokir , pada contoh di atas kita akan memblokir situs jika jaringan masuk dari interface ether 2 . Jika ingin situs terblokir di semua interface , maka tinggal kosongkan saja In.Interface.

Kemudian , setelah kita melakukan setting pada filter rules , step selanjutnya kita harus melakukan action agar ip address tersebut terblokir. Hal itu bisa dilakukan dengan cara pilih tab action – pada tab action pilih drop dan kemudian ok

Cara Blokir Situs Di Mikrotik dengan Firewall Filter Rules 2
Cara Blokir Situs Di Mikrotik dengan Firewall Filter Rules 2
  • Dengan memilih action drop , artinya kita telah memutuskan data dari client tanpa pesan ICMP (Internet Control Message Protocol), hal itu akan menyebabkan RTO (Request Time Out) saat mengakses ip address tersebut.

Jika hal di atas telah di jalankan , kemudian silahkan membuka situs mikrotik.co.id , jika settingan anda benar , situs tersebut tidak akan bisa di akses.

Kesimpulan

Salah satu cara blokir situs di mikrotik adalah dengan cara Firewall Fitur Rules , dimana kita bisa melakukan setting dengan sangat mudah . Hanya dengan menambahkan ip address , dan kemudian memilih interface yang akan di setting untuk blokir situs , dan selesai.

Baca Juga  Pengertian dan fungsi kabel LAN

Pada contoh di atas kita melakukan blokir pada ip address 202.65.113.16 yang merupakan ip dari situs mikrotik.co.id , dengan menambahkan situs tersebut kita bisa memblokir situs mikrotik.co.id , hal ini bisa di manfaatkan jika ingin memblokir situs seperti facebook , youtube , instagram , shopee dan lain lain.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detector

Mohon untuk mematikan ad block anda. Terimakasih