Jaringan

jaringan komputer dan internet

Daftar Isi

Internet adalah jaringan komputer global yang memungkinkan orang berbagi informasi dan sumber daya. Awalnya dikembangkan sebagai proyek militer pada tahun 1960-an, namun sejak saat itu menjadi salah satu alat komunikasi terpenting yang pernah diciptakan. Internet menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia melalui serangkaian jaringan komputer. Internet juga digunakan untuk mengirimkan data, gambar, file audio, dan klip video di antara individu atau kelompok yang berada di mana saja di Bumi.

Topologi jaringan

Topologi jaringan adalah pengaturan berbagai elemen jaringan. Topologi jaringan dapat diklasifikasikan berdasarkan tata letak fisik atau tata letak logis, atau keduanya.

Topologi jaringan fisik meliputi bus, bintang, cincin, dan mesh. Topologi jaringan logis termasuk bus linear, ring dan bintang.

 Media transmisi

Half-duplex adalah sistem komunikasi di mana media transmisi digunakan bersama oleh dua stasiun atau lebih.

Pada sistem half-duplex, hanya satu stasiun yang dapat melakukan transmisi pada waktu tertentu; stasiun lainnya harus menunggu giliran untuk mengirim data. Ketika satu stasiun telah selesai mengirim pesan dan tidak perlu lagi menggunakan saluran, stasiun tersebut akan mengirimkan sinyal “akhir transmisi” sehingga stasiun lain tahu bahwa mereka dapat mulai menggunakannya lagi. Proses ini berulang terus menerus karena setiap stasiun bergantian antara mengirim dan menerima pesan.

 Protokol jaringan dan komputer

Protokol adalah aturan yang menentukan bagaimana komputer berkomunikasi dan bertukar data. Protokol menentukan bagaimana informasi dikirim melalui jaringan, serta bagaimana informasi tersebut ditafsirkan ketika tiba di tujuan. Tanpa protokol, komputer Anda tidak akan bisa mengirim atau menerima informasi apa pun dari komputer lain di jaringan.

Protokol sangat penting karena protokol memastikan bahwa data dikirim dengan benar, diterima dengan benar, dan ditafsirkan dengan benar oleh perangkat pengirim dan penerima – bahkan jika perangkat tersebut tidak menggunakan protokol yang sama persis! Protokol juga membantu memastikan penggunaan bandwidth yang efisien (jumlah data yang dapat dikirim dalam satu unit waktu) sehingga koneksi Internet Anda tidak melambat karena mengirim lebih banyak dari yang diperlukan.

Baca Juga  Susunan Straight Cross Kabel LAN

Rangkaian protokol TCP/IP

Rangkaian protokol TCP/IP adalah sekumpulan protokol komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan komputer dan perangkat pada jaringan komputer. Ini adalah rangkaian protokol yang paling umum untuk jaringan di dunia, dan mencakup TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).

TCP menyediakan pengiriman data yang dapat diandalkan dan teratur melalui koneksi antar host, sedangkan UDP menawarkan jaminan yang lebih rendah namun dengan kinerja yang lebih tinggi.

Server dan klien jaringan komputer

Dalam jaringan komputer, server adalah simpul pusat yang mengelola permintaan dari klien dan mengirimkan data kembali kepada mereka. Klien dapat berupa pengguna akhir atau server lain; mereka adalah komputer yang terhubung ke server komputer lain untuk mengakses layanannya.

Karena perannya sebagai “perantara”, penyedia layanan Internet (ISP) sering kali memiliki banyak jenis server yang berbeda yang berjalan di jaringannya – mulai dari server web yang meng-host situs web untuk pelanggan, server email untuk orang-orang yang menginginkan alamat email pada nama domain mereka tetapi tidak ingin meng-host kotak surat mereka sendiri, hingga server proxy yang menyediakan fungsi keamanan atau caching untuk koneksi pengguna lain.

Selain dapat menyimpan data secara lokal di dalam sumber daya infrastruktur jaringan perusahaan Anda (seperti hard drive yang terhubung langsung ke setiap komputer), ini juga memungkinkan untuk organisasi yang cukup besar di mana mereka mungkin memerlukan beberapa perangkat keras yang didedikasikan khusus untuk menyajikan konten melalui koneksi internet seperti permintaan HTTP yang dikirim oleh browser web seperti Chrome atau Firefox; jenis sistem ini biasanya mencakup beberapa mesin yang bekerja bersama di bawah satu struktur manajemen yang dikenal sebagai “server farm”.

Baca Juga  Perawatan Kabel LAN: Cara Menjaga Kinerja Jaringan Tetap Optimal

Perangkat jaringan internal

  • Router, sakelar, dan hub adalah perangkat jaringan internal yang paling umum. Perangkat ini bisa berkabel atau nirkabel dan menghubungkan komputer ke internet.
  • Router mengarahkan lalu lintas antar jaringan, sehingga Anda dapat menggunakan router untuk mengelompokkan jaringan rumah Anda ke dalam subnet yang berbeda (seperti satu untuk tamu dan satu lagi untuk keluarga).
  • Switch menyediakan lebih banyak pilihan konektivitas daripada hub karena memungkinkan komputer berkomunikasi langsung satu sama lain daripada harus melalui hub pusat terlebih dahulu.

Rangkuman Internet adalah jaringan komputer yang sangat besar di seluruh dunia

Internet adalah jaringan komputer yang sangat besar di seluruh dunia. Internet memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan berbagi informasi satu sama lain.

Internet bekerja dengan mengirimkan pesan bolak-balik di antara komputer dalam jaringan. Ketika Anda mengirim jenis pesan apa pun, pesan tersebut akan berjalan melalui banyak jaringan yang berbeda hingga mencapai komputer tujuan, di mana pesan tersebut akan dikirimkan ke seseorang yang menerima pesan Anda.

Bagaimana ini bisa terjadi? Setiap komputer di Internet memiliki alamat yang disebut alamat IP (Internet Protocol). Nomor ini mengidentifikasi di mana mesin tersebut berada sehingga komputer lain tahu cara mengirim pesan ke sana! Anda mungkin pernah melihat alamat IP Anda sebelumnya saat memeriksa situs web atau mengunduh file dari server: Bentuknya seperti ini – 192….

Conclusion

Internet adalah jaringan komputer yang menggunakan Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat satu sama lain. Internet merupakan salah satu teknologi terpenting dalam sejarah dan terus berkembang setiap harinya. Internet memungkinkan orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi satu sama lain melalui email, situs media sosial seperti Facebook dan Twitter, atau bahkan hanya dengan pesan teks biasa!

Baca Juga  Mikrotik RouterOS: Cara Mengatur dan Mengelola Jaringan Kantor

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detector

Mohon untuk mematikan ad block anda. Terimakasih