Digital Marketing

Langkah-langkah Optimasi SEO On Page untuk Website dan Blog

KamuKanIT – Dalam menulis SEO, ada banyak sekali factor yang wajib diperhatikan agar website atau blog kita bisa naik dan berada di peringkat paling atas di hasil pencarian.

Wajib diketahui bahwa SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu SEO on page dan SEO off page. Langkah optimasi SEO on page juga terbilang susah-susah gampang.

Namun, dengan adanya artikel ini maka akan membantu para pemula dalam menulis SEO dan mencari optimasinya sampai benar dan menarik.

Langkah-langkah Optimasi SEO On Page untuk Website dan Blog
Langkah-langkah Optimasi SEO On Page untuk Website dan Blog

SEO on page yang sudah dioptimasi dengan baik maka akan memudahkan mesin pencari dalam memahami setiap isi konten dari website atau blog anda menggunakan kata kunci yang juga mudah dicari.

SEO on page sendiri merupakan sebuah pembuatan optimis SEO yang biasanya dilakukan pada setiap konten yang akan diterbitkan.

Langkah-langkah dalam pembuatan optimasi on page SEO terdapat banyak faktor di dalam sebuah konten. Singkatnya, SEO on page bisa diartikan sebagai langkah optimasi yang berguna untuk meningkatkan kualitas konten agar lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pembawa website atau blog anda.  

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan optimasi pada SEO on page. Apa saja langkah-langkahnya? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Isi

Cara Optimasi SEO On Page dengan Cepat dan Benar

Menggunakan Permalink Sederhana

Permalink yang sederhana merupakan sebuah indicator utama dalam SEO. Permalink yang sederhana akan memudahkan mesin pencari dalam mengenali topik yang sedang anda bahas di artikel.

Sebaiknya, permalink yang anda buat cukup dengan mengandung focus pada keyword yang anda targetkan saja.

Membuat Judul yang Menarik

Pada saat seseorang sedang mencari sebuah kotak kunci pada mesin pencari, biasanya mereka hanya akan melihat judul dan deskripsi singkat dari konten yang anda buat.

Baca Juga  Apa Itu AdSense?

Jadi dapat disimpulkan, anda harus membuat judul konten yang sangat menarik agar memabuat para pembaca tertarik dengan artikel anda.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan angka atau kata sifat yang akan membuat konten anda menjadi lebih menarik, misalnya 50 cara membuat mie goreng.

Menambah Gambar atau Video

Sebuah konten akan semakin menarik jika berisikan beberapa gambar atau video. Karena, konten yang hanya berisi tulisan saja akan cepat membosankan.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menambahkan gambar maupun video ke dalam artikel yang anda buat ya. Hal tersebut dikarenakan setiap artikel yang disisipi dengan video ternyata memiliki kesempatan 53 kali lebih besar untuk muncul pada halaman pertama di hasil pencarian Google daripada artikel yang tidak berisi video.

Meletakkan Keyword pada 100 Kata Pertama

Selain harus membuat judul yang menarik, anda juga harus meletakkan focus keyword pada 100 kata pertama. Karena, pada paragraph pertama biasanya akan memberikan kesan pertama yang baik bagi para pembaca.

Pada paragraph pertama anda harus langsung to the point mengenai apa yang akan anda sampaikan dalam artikel tersebut.

Jika memang tidak memungkinkan, maka anda bisa meletakkan keyword pada paragraph selanjutnya yang disesuaikan denga nisi konten.

Yang paling penting adalah setiap paragraph  pertama harus mengandung kata yang menarik dan cukup jelas sehingga para pembaca bisa langsung menangkap inti pembahasan dari artikel anda.

Menyisipkan Outbound dan Internal Link

Untuk optimasi SEO on page anda wajib menyisipkan Outbound dan Internal link di dalam konten. Sebaiknya, usahakan untuk menyediakan satu link untuk dilempar pada website lain atau yang biasa disebut outbound link.

Outbound link sendiri berguna untuk menunjukkan bahwa konten yang anda buat memiliki sumber yang terpercaya dan bukan sembarangan.

Baca Juga  Syarat Daftar Google Adsense Blog

Selain itu, anda juga harus memaksimalkan internal link yang berfungsi untuk membantu mesin pencari dalam memahami konteks dan hubungan pada setiap halaman di dalam website anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detector

Mohon untuk mematikan ad block anda. Terimakasih