Jaringan

Pengenalan Mikrotik Beserta Jenis dan Fungsinya Secara Lengkap

Pengenalan Mikrotik Beserta Jenis dan Fungsinya Secara Lengkap

KamukanIT – Kebutuhan internet saat ini terus berkembang pesat, Salah satu hal yang penting dalam dunia jaringan adalah konfigurasi sistem operasi jaringan dan juga alur jaringan itu sendiri .

Hal ini akan mempengaruhi efektifitas penggunaan jaringan internet . Salah satu cara untuk mengembangkan layanan internet agar lebih optimal adalah dengan mengunakan mikrotik.

Pada artikel kali ini , penulis akan mencoba membahas , apa itu mikrotik , sejarah , fungsi dan juga jenis mikrotik itu sendiri.

Sehingga dengan membaca artikel kali ini , kita bisa tahu dan mengenal lebih dalam perihal mikrotik.

Daftar Isi

Apa Itu Mikrotik ?

Mikrotik merupakan sistem operasi yang berfungsi sebagai pengatur jaringan dengan batuan komputer sebagai router.

Mikrotik ini merupakan sistem berbasis linux dan bisa menjadi dasar dari network router.

Karena memang di rancang untuk konfigurasi jaringan,Sehingga sistem operasi mikrotik ini sangat cocok untuk mengatur jaringan pada perusahaan yang berskala kecil maupun besar.

Sampai saat ini , banyak orang yang masih salah pemahaman nya perihal mikrotik dan router.

Sebenar nya , mikrotik itu adalah sistem operasi yang berjalan di dalam sebuah komputer , sedangkan router adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai penghubung antara dua jaringan atau lebih.

Jadi Perbedaan yang paling mendasar adalah , Mikrotik merupakan software nya , dan router adalah hardware nya .

Sejarah Mikrotik

Pada sekitar tahun 1966 , John Trully dan Arnis Riekstins membuat perusahaan kecil di pusat negara Latvia yang diberi nama dengan Mikrotik.

Mereka berdua bermula dengan mengembangkan sistem operasi linux dan MS DOS dengan teknologi nirkabel LAN maupun WAN, dan mereka mempunyai beberapa pelanggan aktif .

Seiring perkembangan zaman , Mikrotik terus berkembang yang sebelumnya hanya dengan membuat wireless ISP , dan kini mikrotik membuat sebuah program router yang handal dan dapat di jalankan di seluruh negara.

Baca Juga  Cara Blokir Situs di Mikrotik dengan Firewall Filter Rules

Sampai saat ini banyak perusahaan yang menggunakan router mikrotik untuk kebutuhan mereka.

Fungsi Mikrotik

Mikrotik mempunyai banyak sekali Fungsi , dan berikut beberapa fungsi dari mikrotik :

1. Konfigurasi Jaringan Local

Dengan mikrotik , kita bisa mengatur jaringan local pada sebuah perusahaan , seperti pembagian bandwidth , IP , bandwidth dan lain lain . Sehingga jaringan dapat berfungsi dengan maksimal.

2. Pembagian bandwidth

Dengan mikrotik , kita bisa membagi bandwidth antar pengguna. Jika di implementasikan pada sebuah perusahaan , kita bisa membagi jumlah bandwidth antara direksi dengan staff .

3. Pembuatan PPOE Server

Mikrotik juga bsia membuat PPOE server , sehingga kita dapat membuat dua buah jaringan atau lebih untuk saling berkomunikasi .

Biasanya ini digunakan untuk perusahaan yang mempunyai beberapa cabang.

4. Pantau Trafik penggunaan bandwidth

Dengan mikrotik kita juga bisa memantau komputer mana yang menggunakan bandwidth berlebih , dan mengakibatkan jaringan lambat .

5. Membuat Hotspot

Mikrotik juga bisa membuat hotspot login jaringan , seperti contoh nya di hotel , sebelum kita masuk ke dalam jaringan hotel.

Kita akan di arahkan ke dalam hotspot , dan kita harus login dengan menggunakan user dan password yang telah di tentukan.

Jenis Mikrotik

Mikrotik sendiri mempunyai beberapa jenis pilihan dan kegunaan .

1. Mikrotik RouterOS

Mikrotik RouterOS , merupakan sistem operasi berbasis UNIX , dan memiliki kelebihan untuk mengatur jaringan seperti bridge , firewall , proxy , hotspot dan lain lain. Cukup dengan menggunakan sistem operasi ini saja , kita bisa membangun router sendiri .

2. RouterBoard

Jika Mikrotik RouterOS hanya berupa software nya saja , maka berbeda dengan RouterBoard, alat ini merupakan perangkat keras yang di dalamnya sudah terinstall RouterOS dan sudah terkonfigurasi dengan baik.

Di dalam RouterBoard sendiri, terdapat processor , ROM , Ram dan flash memory , dan ini biasanya di gunakan oleh perusahaan untuk konfigurasi jaringan mereka.

Baca Juga  Empat Cara Login Mikrotik

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detector

Mohon untuk mematikan ad block anda. Terimakasih