Jaringan

perangkat jaringan komputer

Jaringan adalah sekelompok komputer dan perangkat lain yang terhubung bersama sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain. Perangkat keras jaringan mengacu pada kabel, kabel, dan komponen lain yang Anda gunakan untuk menyambungkan komputer ke komputer atau perangkat lain di jaringan.

Daftar Isi

Hub

Hub adalah perangkat jaringan yang memungkinkan Anda menghubungkan beberapa perangkat menggunakan satu kabel. Hub tidak memiliki kemampuan untuk mempelajari alamat MAC, yang berarti tidak dapat memfilter lalu lintas berdasarkan alamat MAC.

Hub sering digunakan sebagai repeater karena tidak memiliki kecerdasan apa pun dan hanya mengulang semua lalu lintas dari satu port ke semua port lain pada sakelar atau router yang sama.

Swicth

Sakelar adalah perangkat yang meneruskan paket data di antara jaringan komputer. Sakelar dasar dapat dianggap sebagai multiplexer (atau mux), yang menerima frame yang masuk pada setiap portnya dan memilih salah satu untuk diteruskan ke sisi lain. Switch juga menggunakan alamat MAC untuk menentukan cara mengirim frame melintasi jaringan, sehingga bertindak seperti jembatan ‘cerdas’ dalam hal ini.

Switch biasanya digunakan sebagai pengganti hub karena memungkinkan komputer pada segmen yang berbeda dalam organisasi atau jaringan kampus untuk berkomunikasi secara langsung satu sama lain tanpa harus melewati lalu lintas melalui semua node lain di segmen tersebut terlebih dahulu (yang akan mengakibatkan kemacetan yang tidak perlu).

Selain itu, switch memberikan kinerja yang lebih baik daripada hub karena mereka tidak menyiarkan paket keluar dari semua port secara bersamaan; sebagai gantinya, hanya satu port yang aktif pada waktu tertentu sementara yang lain menganggur menunggu giliran mereka sebelum diaktifkan nanti ketika dibutuhkan lagi – fitur ini membantu mengurangi tabrakan antara perangkat pengirim serta meningkatkan kecepatan meningkatkan throughput dengan mengurangi waktu latensi karena lebih sedikit overhead overhead lalu lintas yang terbuang yang disebabkan oleh tabrakan yang terjadi selama transmisi antara dua titik akhir yang mencoba secara bersamaan mengirimkan data melalui saluran / jalur yang sama pada waktu yang sama

Baca Juga  Pengertian dan fungsi kabel LAN

Router

Router digunakan untuk mentransfer informasi dari satu jaringan ke jaringan lain. Router juga dapat digunakan untuk menyambungkan beberapa jaringan secara bersamaan dan menyambungkan satu komputer ke Internet. Router menggunakan alamat IP, yang mengarahkan lalu lintas di internet, sehingga Anda dapat mengakses situs web seperti Google atau Facebook saat Anda berada di rumah atau di kantor.

Modem

Modem adalah perangkat yang terhubung ke komputer dan mengubah data digital menjadi sinyal analog untuk transmisi melalui saluran telepon. Modem juga mengubah sinyal analog kembali menjadi data digital di ujung penerima.

Firewall

Firewall adalah jenis perangkat keamanan jaringan yang menerapkan kebijakan kontrol akses di antara dua jaringan. Firewall dapat berupa aplikasi perangkat keras atau perangkat lunak, dan dapat dikonfigurasikan untuk mengizinkan atau menolak lalu lintas berdasarkan alamat sumber dan tujuan, port, protokol, dll.

Salah satu contoh umum dari firewall adalah yang berjalan pada perangkat kombo router/modem di rumah Anda (disebut gateway Internet). Perangkat ini memungkinkan Anda tersambung ke internet sekaligus mencegah penyusup yang mencoba masuk ke jaringan lokal Anda dari sumber luar seperti situs web lain atau orang jahat yang mencoba mengakses informasi pribadi Anda melalui virus.

Bagian: titik akses nirkabel (WAP)

Jalur akses nirkabel (WAP)

Titik akses nirkabel (WAP), juga dikenal sebagai stasiun pangkalan atau hotspot, digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan berkabel. WAP dapat berdiri sendiri atau menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti jaringan bisnis perusahaan. WAP mandiri memungkinkan perangkat nirkabel dalam jangkauannya – biasanya hingga 100 meter – untuk terhubung dengannya dan menggunakan koneksi Internet atau sumber daya lain seperti printer di jaringan. Hal ini memungkinkan pengguna yang tidak memiliki akses ke kabel atau koneksi kabel lainnya di rumah atau kantor mereka untuk tetap terhubung secara nirkabel melalui ponsel dan laptop mereka tanpa harus membayar paket data seluler dari penyedia layanan mereka setiap bulannya agar mereka dapat online di rumah!

Baca Juga  Pengenalan Mikrotik Beserta Jenis dan Fungsinya Secara Lengkap

Kesimpulan: perangkat keras jaringan

Perangkat keras yang membentuk sebuah jaringan adalah bagian penting dari keseluruhan gambar. Ini juga merupakan salah satu bagian yang paling membingungkan bagi orang awam untuk memahaminya, karena ada begitu banyak jenis perangkat yang terlibat dalam jaringan komputer.

Satu hal yang harus Anda ketahui tentang perangkat-perangkat ini adalah bahwa mereka semua memiliki tugas yang spesifik:

Hub mengirimkan data dari satu perangkat ke semua perangkat lain pada segmen jaringan yang sama (lokasi fisik tempat semua komputer yang terhubung berada). Hub menghubungkan beberapa port LAN secara bersamaan dan memungkinkan untuk “menyiarkan”-mengirimkan informasi dari satu mesin ke semua mesin lain di segmen tersebut. Hal ini dapat berguna jika Anda ingin semua orang di kantor atau rumah Anda melihat sesuatu di layar mereka sekaligus, seperti pengumuman atau demo video game baru yang sedang dimainkan oleh orang lain yang memiliki akses melalui metode koneksi kombinasi hub/switch yang sama juga daripada memiliki koneksi terpisah antara masing-masing unit PC itu sendiri hanya karena kabel yang berjalan di antara mereka satu per satu, melainkan melalui metode transmisi nirkabel seperti sinyal WiFi yang ditransmisikan melalui gelombang radio, bukan koneksi kabel tembaga antara masing-masing port perangkat yang terhubung langsung secara nirkabel tanpa memerlukan perangkat keras tambahan seperti repeater yang dipasang di tempatnya terlebih dahulu sebelum dapat beroperasi dengan baik, jika tidak, kami tidak akan dapat mengoperasikan komputer kami secara normal tanpa masalah yang terjadi.”

Conclusion

Perangkat keras jaringan adalah bagian terpenting dari jaringan komputer Anda. Tanpanya, Anda tidak akan bisa berkomunikasi dengan komputer atau perangkat lain di jaringan rumah Anda. Lima jenis perangkat keras yang dibahas dalam artikel ini adalah hub, sakelar, router, modem, dan firewall yang semuanya menjalankan fungsi spesifik dalam sistem komputer Anda.

Baca Juga  Empat Cara Login Mikrotik

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detector

Mohon untuk mematikan ad block anda. Terimakasih